SMOG Kembangkan Dunia Otomotif Indonesia

Salah satu supermoto  yang dimodifikasi di bengkel Caos Costumbike di Jl Pancoran Barat 8, Jakarta Selatan.

Salah satu supermoto yang dimodifikasi di bengkel Caos Costumbike di Jl Pancoran Barat 8, Jakarta Selatan.

Jakarta, Ahmad Baihaki – Berawal dari memiliki hobi yang sama, dan juga sering ngumpul bareng beberapa pecinta Supermoto seluruh Indonesia bersatu dalam suatu komunitas yang bernama Supermoto Owner Group (SMOG). Komunitas ini berdiri secara resmi sejak 21 Mei 2011. Beridirinya SMOG juga diharapkan untuk  mengembangkan dunia otomotif Indonesia. Demikian diungkapkan oleh Eko, mekanik Supermoto di Jl. Pancoran Barat 8 No.6C, Jakarta Selatan (23/13).

Menurut Eko,SMOG itu merupakan suatu wadah bagi komunitas – komunitas supermoto yang ada di seluruh Indonesia.”seperti stang lebar brotherhood dari Medan, supermoto Makassar  (smart), supermoto juga ada dari Jambi, Manado,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, persyaratan untuk menjadi anggota SMOG harus mempunyai motor supermoto. SMOG tidak memperlakukan secara khusus para anggotanya. “Yang penting bentuk motornya trail.  Tidak ada uang iuran, kita enjoy aja sama-sama karena mempunyai satu hobi,” ujar Eko.

Kegiatan – kegiatan yang dilakukan  SMOG sendiri dalam rutinitasnya. Eko mengatakan, “yang paling rutin kita touring, kita tidak jauh-jauh kalau agenda tahunan antar pulau. Agenda bulanannya masih disekitar pulau jawa. Kita pernah touring ke Malaysia, Makassar, Manado terakhir kali kita touring ke Bukit Tinggi,” katanya.

“Alhamdulilah kita selalu juara. Setiap event kita ikut seperti  di Sirkuit Sentul kelas road race kita juara 1,2, dan 3. Pada tahun 2012 kemarin  ada komunitas supermoto yang mengadakan event, kita berhasil mendapatkan empat piala.” Untuk kedepan mengenai kejuaraan supermoto memang belum ada untuk saat ini, tetapi kami ingin menggarapnya, ungkap Eko.

“Supermoto itu motornya lelaki yang kesannya gahar, kalau dengan supermotto ketika macet banjir bisa kita lewati. Kita bisa naik trotoar dapat menyesuaikanlah dengan keadaan jalan apa pun, jadi  tidak ribet.” Ia menambahkan, bagi pemula ia menyarankan untuk memakai supermoto sesuai dengan kemampuan. “tau dirilah untuk pemula, pakai motor yang biasa dulu atau yang standar. Kalau memang sudah khatam baru deh,” kata Eko.

Eko menjelaskan, mengenai resiko supermoto tentunya pasti ada. Setiap memakai kendaraan kecelakaan itu  tidak ada yang tahu. “yang namanya naik motor tidak bisa dibilang pintar, kalau kecelakaan terjadi ya terjadi, kan tidak ada yang tahu. Artinya untuk mengendarai supermoto pasti ada resikonya,” ungkapnya.

Sementara itu, eko mengungkapkan pengalamannya saat mengendarai supermoto, banyak hal yang ia rasakan ketika mengendarai supermoto. “Tidak memilih-milih jalan, kalau ada aspal rusak supermoto dalam keadaan apa pun bisa dilewati,” ungkapnya.

Setelah berbicara komunitasnya, Eko menjelaskan tentang Caos Costumbike yaitu Bengekel dimana tempat produksi yang membidangi modifikasi supermoto. Caos Costumbike sudah berdiri sejak tahun 2005 bisa menjadi sebagai wadah penggemar supermoto. “kita tidak penah monopoli, kalau modifikasi harus disini. Kita tidak membatasi yang penting walaupun kita tidak ada aturan, tetapi kita tahu aturan yang lain bisa kok modifikasi di tempat lain,’ ungkapnya

Caos Costumbike bukan hanya sekedar bengkel, tempat ini juga menjual beberapa accesories supermoto.” kadang temen-temen yang lain juga ngumpul di sini, ngobrolin tentang motor. Saling sharing juga, “kata Eko

Eko mengatakan, kreteria supermoto pada mesinnya. Ia menganjurkan dalam modifikasi supermoto tidak dianjurkan memainkan bor up. “Supermoto tidak mengutamakan bor up, kita hanya main pada CDA, kenalpot, karburator.  ,”katanya.

Selain itu Ia menambahkan, supermoto tidak menggunakan bor up terlalu tinggi karena sangat beresiko. “Supermoto berbebeda dengan motor sport . kalau bor up dinaikan mesin tidak akan tahan lama. Misalnya lex 150 cc dengan piston seher 60 bisa dinaikan menjadi 62 cc itu sudah standar supermoto,” kata Eko.

Saat ditanyai harapan Eko mengatakan, peminat supermoto semakin banyak dan berkembang pesat. karena di Indonesia kondisi jalannya sangat mendukung. “semoga dunia supermoto semakin maju di Indonesia, diadakan kejuaraan khususnya  supermoto,” katanya. (AB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s