Rakyat Harus Kritis Pilih Calon Anggota DPR

Jakarta, Ahmad Baihaki – Rakyat harus semakin kritis dalam memilih calon anggota legislatif di masa depan. Ironis sekali partai politik tetap mempertahankan anggota – anggotanya di parlemen untuk mencalonkan diri lagi sebagai caleg di tengah kritik keras publik terhadap kemalasan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam mengikuti rapat –rapat, demikian diungkapkan oleh Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia Sebastian Salang di Jakarta (12/4).

Ia mengatakan, “kita butuh calon legislatif yang rajin dan disiplin. Sudahlah, jangan pilih lagi anggota dewan yang pemalas. Dengan akal-akalan, ada anggota dewan yang bisa seenaknya bolos sidang, titip presensi, atau sekedar ikut sidang selama 5-10 menit . Komitmen mereka sebagai wakil rakyat diabaikan,” kata Sebastian.

Sebastian menyatakan, prihatinanya dengan ketidakhadiran anggota DPR semakin tinggi dalam persidangan. “Mereka terkesan tidak peduli lagi dengan tugas sebagai anggota dewan. Sanksi bagi yang tidak hadir tiga kali berturut-turut harus diberikan lebih tegas dank eras. Misalnya, tidak boleh lagi dicalonkan pada pemilu mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu , lain halnya dengan Anggota komisi X DPR Itet Tridjajati (Fraksi PDI-P) mengatakan, ketidakhadirannya yang disorot media hendaknya tidak dilihat tiap-tiap person anggotanya. “prekrutan haruslah dilihat rekam jejaknya. Bukan sekedar tingkat pendidikannya,” kata Itet.  (Sumber : Kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s