Steak Goreng Tepung Pertama di Indonesia

steak goreng tepung di taburi dengan resep bumbu asli Indonesia yang tidak kalah dengan bumbu lainnya  masih menggunakan resep orginal, (20/13)

steak goreng tepung ditaburi dengan resep bumbu asli Indonesia, berbeda dengan restoran lainnya, di Jl. Tebet Barat 1 No. 4, Jakarta Selatan  (20/13)

Waroeng Steak Luar Biasa merupakan Waroeng Steak pertama di Indonesia yang mengembangkan inovasi menu steak goreng tepung dengan harga relatif murah. Waroeng tersebut menargetkan untuk kalangan pelajar, dan mahasiswa, namun tidak hanya pelajar atau pun mahasiswa melainkan banyak masyarakat umum  tertarik dengan  steak goreng tepung, ungkap supervisor Waroeng Steak Luar Biasa, Bungsu Kusuma Wardana, di Jl. Tebet Barat I No. 4, Jakarta Selatan (20/13).

Menurut Bungsu, Waroeng  Steak Luar Biasa sebelumnya bernama Waroeng Steak & ShakeWaroeng Steak & Shake pertama kali dibuka di kota Yogyakarta pada tahun 2000. Waroeng steak tersebut menargetkan pelanggannya adalah pelajar dan mahasiswa. Waroeng Steak Luar Biasa saat ini sudah tesebar di berbagai daerah  Jawa seperti Surabaya, Malang, Solo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. “Tentu dengan harga yang lebih murah bagi penikmat steak, apalagi di daerah Yogyakarta banyak pelajar atau mahasiswa dari berbagai daerah, ” ujar Bungsu.

Ia menjelaskan, diberi nama Waroeng Steak Luar Biasa karena dari kata waroeng masyarakat dapat menilai waroeng itu lebih dikenal dengan harga yang lebih murah.” Namanya waroeng supaya ada kesan lebih ekonomis tetapi tetap bagi penikmat steak mendapatkan kepuasan walaupun harganya murah,”   ungkap Bungsu.

Bungsu menambahkan, menu andalan dari waroeng steak tentunya steak goreng tepung dengan berbagai macam harga. Steak tepung seperti shirloin Rp. 24.500, shirloin double Rp. 20.000, tenderloin Rp. 24.500, tenderloin double Rp. 20.000. Orginal steak seperti beef steak Rp. 22.000. Terdapat juga steak Ikan seperti, steak kakap Rp. 23.000, steak cumi Rp. 23.000, tuna mushroom Rp. 25.000, dan tuna papper Rp. 25.000. ungkapnya.

Sementara itu, untuk minuman andalan dari Waroeng Steak Luar Biasa adalah milk shake special minuman segar yang tepat untuk dinikmati. “ Cara pembuatannya di kocok dengan sendiri, di tambah dengan susu, sirup dengan berbagai rasa, ya tergantung dengan selera, di sini juga ada kopi, es teh manis,” jelas bungsu.

Bungsu mengatakan, dengan dibukanya Waroeng Steak Luar Biasa selain tempat nongkrong di waroeng steak biasanya juga dapat sebagai tempat untuk berdiskusi  bagi pelajar atau mahasiswa. Dengan harga relatif lebih murah dibandingkan dengan restoran steak lainnya. “Apalagi saat ini pelanggan kami sekarang tidak hanya pelajar atau pun mahasiswa melainkan masyarakat lainnya ingin menikmati steak disini,” jelasnya.

Selain itu, bungsu menjelaskan, yang membedakan Waroeng Steak Luar Biasa dengan restoran steak yang lain adalah waroeng steak luar biasa dengan menu andalannya steak goreng tepung pertama di Indonesia. “ Kalau memang ada steak goreng tepung selain waroeng steak Luar biasa, mereka itu meniru yang lain masih menggunakan resep bumbu luar, dan masih orginal sedangkan waroeng steak Luar Biasa memakai resep asli Indonesia. Itulah yang bedanya,” kata bungsu.

Mengenai naiknya harga daging sapi, Bungsu menanggapi, dengan naiknya harga daging sapi tentu sangat berpengaruh pada harga yang telah ditetapkan Waroeng Steak Luar Biasa karena dengan penghasilan yang diperoleh. “Ya walaupun harga daging sapi naik. Kami tetap dengan menjual harga steak kami dengan harga murah paling kami dengan menaikan dengan harga yang tidak lebih tinggi berkisar Rp.1000 atau Rp.1.500 tidak terlalu tinggi kok harga yang dinaikan,” kata Bungsu.

Selain itu, untuk mengantisipasi agar pelanggan steak tidak merasa bosan. Pihak waroeng steak Luar Biasa melakukan inovasi dengan menu-menu terbaru. “Seperti yang saya katakana sebelumnya, waroeng steak selalu mengutamakan kepuasan bagi pelanggan selain menu kebersihan tempat kami utamakan, “ujarnya Bungsu.

Menurut Andi, mahasiswa semester 2 di salah satu universitas swasta di Jakarta, ia mengaku jarang membeli steak di Waroeng Steak  Luar Biasa, dan ia menilai tempat ini adalah tempat yang cocok untuk anak muda. “Saya jarang  ke Waroeng Steak Luar Biasa, saya kesini sedang mencoba menu tenderloin.  Tadinya sih saya mau mencoba menu waroeng steak tetapi sudah habis.“ Ia menilai di Waroeng Steak Luar Biasa harganya masih terjangkau tidak terlalu mahal seperti restoran steak yang lainnya. “Harganya tidak terlalu mahal,”  Kata Andi.

Ia pun menambahkan, di tempat ini  selain harganya murah, cocok untuk kalangan mahasiswa. “Sangat cocok untuk mahasiswa ya kalau mengerjakan tugas kadang di tempat ini juga bisa. Suasananya juga asyik tidak membosankan,” ucap Andi.

Berbeda dengan Andi, Melsa yang juga mengunjungi Waroeng Steak Luar Biasa. Ia mengaku, Sering ke Waroeng Steak Luar Biasa karena selain tempatnya nyaman harganya relatif lebih murah. “Buat mahasiswa harganya pas lah tidak telalu mahal. Dan saya biasanya datang ke Waroeng Steak Luar Biasa bersama teman saya untuk mengerjakan tugas, dan sekalian nongkrong,” ujar Melsa. (ab)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s