Pentingnya Pendidikan Agama Sejak Dini

Suasana di dalam kelas terlihat para santri terlihat ceria di Taman Pendidikan Al-qur’ an (TPA) Arjatululum, (11/13).

Suasana di dalam kelas terlihat para santri terlihat ceria di Taman Pendidikan Al-qur’ an (TPA) Arjatululum, (11/13).

Menurut  Ririn (22) salah satu  pengajar,  Pentingnya memberikan pendidikan agama sejak dini.  Di jaman sekarang pendidikan agama itu memang kurang  dipahami untuk anak jaman sekarang. “Banyak anak yang kurang paham dengan agama, ya karena didikan orang tua, “di Taman Pendiidikan Al-qur’an (TPA) Arjatululum Jl. Warung Jati Selatan, Jakarta Selatan (12/13).

Ia mengatakan, setiap orang tua  wajib mengenalkan dasar agama kepada anaknya, karena sebagai panutan hidup.  Masih banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaan sendiri, tanpa mempedulikan ajaran agama untuk anaknya. Mereka justru melimpahkan pendidikan agama di TPA.  Ketimbang di ajarkan dengan orang tuanya sendiri. “Ya sangat penting belajar agama apalagi diusia dini, “ ungkap ririn.

Ia menjelaskan, tujuan ajaran agama agar meningkatnya iman di dalam diri sesorang. Agar anak menjalankan perintah dan menjahui larangannya. Memiliki akhlak yang baik pula.  “banyak anak pintar tetapi akhlaknya masih kurang baik, “ jelas Ririn.

Ririn menambahkan, jika diperhatikan pendidikan agama sangat memprihatinkan, sekarang banyak anak yang tidak mengenal agama karena orangtuanya tidak mendidik agama dari kecil. Dengan adanya teknologi, ia mengatakan,“magrib-magrib  kalau anak jaman sekarang bukannya sholat, ngaji malah main handphone,” katanya.

Mendidik agama tidak harus dengan cara memaksa, karena sangat berpengaruh pada diri seorang anak dalam melakukan sesuatu. “harus pelan-pelan tidak boleh dipaksa, harus dilakukan dengan cara yang baik. Kalau dipaksa nantinya anak akan berontak malah semakin nakal,” ungkap Ririn

Banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh untuk seorang anak mengenal ajaran agama.  Ia mengatakan, untuk mengenal ajaran agama sejak kecil, “supaya anak lebih mengenal  yang mana baik atau buruk, suka tolong menolong, hormat kepada orang tua, mempunyai kpribadian, dan akhlak yang baik.,” kata Ririn

Ia pun memberikan saran kepada  orang tua, agar lebih memperhatikan dan peduli pentingnya pendidikan agama .”Kalau bisa orang tua lebih peduli, dan sadar kalau pendidikan agama memang sangat penting. Jangan keras dalam mendidik agama, apalagi dipaksa , ungkap Ririn

Sementara itu, menurut Ust Amin,  sejak kecil kita harus mengenal agama. Agar sudah besarnya kita itu tambah kokoh.  Ibarat pohon apabila pohon dipupuk sejak kecil maka sudah besarnya semakin kuat, dan subur. kerena itu pendidikan agama harus sudah dipupuk sejak kecil. “Semakin kuat agamanya semakin kokoh pondasinya. Kalau tidak dipupuk dari kecil agamanya maka orang tersebut menjadi lemah atau tidak kokoh pondasinya, kuat, dan subur, “ kata Ust Amin.

Ia mengatakan, apabila pendidikan agama tidak ditanam sejak kecil akan mudah tergoyah jiwanya. Orang tua mengajarkan pendidikan agama itu adalah sebuah amanah, apabila anak tidak diajarkan agama sejak kecil itu akan berengaruh pada akhlak, dan etikanya. “Tidak hanya orang lain, tetapi orang tuanya sendiri pun anak akan berakhlak tidak baik, apabila anak tidak diajarkan agama, “ujar Ust Amin.

Ia menjelaskan, apabila ada orang tua sibuk dengan pekerjaannya  tanpa mempedulikan pendidikan agama bagi anaknya, orang tua itu tidak menjalankan amanah dari ALLAH SWT. Dengan kesibukannya bukan berarti tidak memperhatikan akhlak anaknya,. “Kesibukan bukan berarti tidak memperhatikan akhlak anak sendiri, itu akan diminta pertanggungjawabkan di hadapan allah Swt, “ungkap Ust Amin.

Ust Amin menambahkan, berbicara mengenai manfaat dengan pendidikan agama. Tidak hanya untuk dirinya tetapi juga untuk bangsa dan negaranya. Kalau untuk dirinya tentu untuk berakhlak baik kepada orang tuanya. Sedangkan untuk bangsa, dan  negaranya tentu akan berjuang keras. “enggak untuk diri sendiri, untuk bangsa dan negara juga
harus mengikuti ajaran agama,“ ujarnya (AB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s